Ciptakan Teknologi Tepat Guna, Dinas PMD Laksanakan Rapat Koordinasi

91

Bengkulu Tengah, Keyasa.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkulu Tengah hari ini Mengadakan Rapat Koordinasi Menciptakan Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Bengkulu Tengah di Hotel Tahura Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah (08/11/2022)

Rapat Koordinasi ini di hadiri oleh 22 Desa dari 26 Desa yang di Undang, Para Pelaku Penggiat Usaha TTG, Para Mitra Usaha Terkait, Media Massa, serta Forum Komunikasi Penggiat Teknologi Tepat Guna Kabupaten Bengkulu Tengah yaitu:

Ketua : Mardi (Kepala Desa Kelidang Atas)

Sekretaris : Syaifurahman (Kepala Desa Margo Mulyo)

Bendahara: Titin Sumarni (Kepala Desa Air Sebakul)

Untuk koordinator bidang

Kalamansi : Ibu Suminah
Kerajinan Bambu Ahmad : Supanggih
Kopi : Alfred
Herbisida dan pupuk organik: Andreas Sumadi
Pemanfaatan sampah organik : Amiril Mukminin
Gula Aren : Cici Handayani
“Persiapan Lomba TTG Tingkat Nasional untuk Bulan Juni 2023 mendatang di Provinsi lampung, yang sebelumnya sekitar bulan Maret 2023 akan Mengikuti Lomba TTG di tingkat Provinsi, maka perlu persiapan-persiapan yang matang seperti Pendataan, pembinaan dsb” yang di jelaskan oleh Drs. Tomi Marisi, M.Si sebagai Kepala Dinas PMD Bengkulu Tengah.

Dalam Acara ini di isi oleh Narasumber-narasumber yang berkompeten dari Kepala Dinas PMD Bapak Drs. Tomi Marisi, M.Si, Kabid Bidang Fasilitasi Pembangunan Desa DPMD Provinsi yaitu Bapak M. Rosaz Anthony, SE.,M.Pd, dan dari Yayasan Dangau Datuk yaitu Prof. Dr. Fais Barchia.,M.Si

Drs. Tomi Marisi, M.Si juga mengatakan “Kegiatan Rapat Koordinasi Teknologi Tepat Guna Kabupaten Bengkulu Tengah sudah setiap tahun kita laksanakan baik ditingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi s.d Tingkat Nasional dan Tahun ini kita mendapatkan Juara 2 se-Provinsi Bengkulu, dan Kedepannya kita sangat ingin Kabupaten Bengkulu Tengah bisa mendapatkan yang terbaik, sehingga bisa mewakili Provinsi Bengkulu untuk Tahun Depan yang rencananya di gelar di Provinsi Lampung” ucapnya.

Di tambahkan oleh Tomi “Kita semua sangat berharap akan muncul alat-alat Teknologi Tepat Guna (TTG) yang betul-betul dapat di rasakan manfaatnya untuk masyarakat Luas, karena TTG ini adalah suatu alat yang bisa memudahkan Pekerjaan Manusia sehari-hari, dari segi pertanian, pekerjaan Rumah dll”. tambahnya.

“Kedepan akan kita Galakkan BUMDES yang berbadan Hukum, karena sangat dibutuhkan pada saat menjalin Kerjasama dengan Pihak ke Tiga contoh seperti Perusahaan-perusahaan yang besar, di Bengkulu tengah sendiri sudah ada 27 Desa yang memiliki BUMDES yang sudah Berbadan Hukum, sehingga desa-desa tersebut memiliki percepatan Perekonomian yang sangat Luar Biasa, karena mereka sudah bekerjasama dengan Pihak ke Tiga dan tidak Semata-mata mengandalkan dari Dana Desa” tutupnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here