Diduga Limbah Pabrik Pt BSL Cemari Sungai, Masyarakat Desa Penago Terganggu

65

 

Keyasa.com – Beberapa hari ini masyarakat Ilir talo terganggu di karenakan sungai yang di duga tercemar oleh limbah pabrik PT BSL, Berawal dari temuan banyak ikan mati di area sungai Desa penago baru kecamatan talo Kabupaten seluma.

“Saya sangat menyayangkan apabila itu memang dugaan limbah pabrik yang berasal dari Pt BSL Air teras itu membuat ikan banyak mati, sedangkan kita tau mayoritas masyarakat setempat ini pencaharian nya sebagai nelayan,” terang Kepala Desa penago baru Salikin.

Lanjut ia Mengkhawatirkan kalau memang dugaan itu limbah pabrik nantinya mengandung zat beracun yang bisa merembes masuk ke dalam sumur warga setempat.

“Kalau memang dugaan itu limbah semoga kedepannya pemerintah terkait segera menindaklanjuti hal itu,” jelasnya

Ditambahkannya menurut informasi dari masyarakat masuk limbah itu dari hulu Air Teghas menemukan ikan banyak mati akibat cairan seperti limbah dan itu memang sudah banyak yang melaporkan hal tersebut, Sebetulnya kami dari pemerintah Desa bukanya anti pabrik atau anti perusahaan. kami juga mendukung pabrik tetapi dengan hal jangan sampai merugikan masyarakat yang ada di area pabrik.

“Kalau memang dugaan limbah itu kebocoran dari Pabrik, kami berharap agar perusahaan secepatnya menanggulangi hal tersebut,” Harapnya.

Terpisah, Kejadian yang di katakan telah viral Sampai ke Bupati Seluma Erwin octavian telah menanggapi hal tersebut, dengan Pemerintah kabupaten telah melakukan pengecekan dan mengambil sampel Airnya .

“Sudah kami lakukan pengambilan sampel dengan mengambil air yang tercemar dengan dugaan di akibatkan limbah dari Pt BSL di desa air teras, kemudian akan di lakukan uji laboratorium dan hasil laboratorium akan kita sampaikan ke masyarakat,” kata Bupati Erwin saat di wawancara, setelah acara pelantikan majelis cabang gerakan Pramuka di gedung daerah , Selasa (8/22). (Rls)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here