DPMD Ikut Hadiri TTG Nusantara Ke XXIII di Jawa Barat

13

Bengkulu Tengah, Keyasa.com – PJ Butapi Hendriyadi Roni, asisten 1 Pemda Benteng Nurul Iwan Setiawan, M.Si, Sekretaris Dinas PMD, Camat Karang Tinggi, Bappeda, dan Bidang PUEM dinas PMD, hadiri acara Teknologi Tepat guna Nusantara (TTGN) Ke XXIII di Cirebon Jawa Barat, yang dilaksanakan mulai tanggal 18-21 Oktober 2022.

Kabid PUEM DPMD Sandarman mengatakan bahwa acara ini ajang yang sangat penting sebagai wadah pertemuan se-Indonesia, dalam acara ini berbagai daerah memperlihatkan perkembangan TTGN-nya, seperti mesin perontok padi, alat penjemur sederhana, pengupas buah kolang kaling, aneka usaha UMKM. Hal ini membuka wawasan kita bahwa di Benteng pun banyak potensi TTG ini.

“Dari hasil pertemuan TTGN XXIII di Cirebon Jawa Barat, pada tahun 2023 TTGN akan kembali dilaksanakan di Lampung, insha Allah DPMD akan ikut lagi dan optimis menang. Kita akan majukan seperti jeruk kalamansi, tas dan sepatu dari gedebok pisang, kita juga punya jamur tiram ada pengering kopi dengan tenaga surya yg super panas, ada lele salai supermoon dan lain-lain,” ucap Sandarman.

“Tahun 2022 ini kita Benteng mampu menyabet juara 2 tingkat provinsi, yakni dengan produk racun herbisida sistemik pemanfaatan air kelapa.
Kita akan galakan pendataan dan pembinaan bersama termasuk dengan kecamatan dan desa serta para pendamping desa, dan pihak terkait lainnya,” tutup Sandarman. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here