Fenomena Alam, Terbentuknya Muara Baru Pasar Seluma

45
Muara baru pasar Seluma

Keyasa.com – Intensitas hujan tinggi mengguyur Kabupaten Seluma sejak kemaren sore, Senin (29/8) selama lebih kurang 12 jam yang membuat naiknya debit aliran air sungai.

Hal tersebut menyebabkkan fenomena alam baru munculnya muara baru di Desa pasar Seluma, Kecamatan seluma selatan, kabupaten Seluma

Fenomena alam yang langka itu bukanya menguntungkan masyarakat pasar seluma tetapi merugikan lantaran sekitar 4 hektar lahan sawit masyarakat setempat ikut terkena dampak tersebut.

Pebri salah satu masyarakat pasar seluma mengatakan, kejadian fenomena alam ini terjadi diduga akibat luapan air sungai yang terbilang besar dan bersamaan dengan tingginya pasang air laut.

“Kejadian ini baru pertamakalinya terjadi tetapi sangat disayangkan membuat rugi sebagian masyarakat yang kebun Sawitnya di jalur terbentuknya muara baru ini,”Ujar Febri (30/8/22).

Masih menurut Febri, fenomena alam ini selain merugikan ada juga posisi positifnya dan menguntungkan masyarakat setempat dengan adanya muara lebih dekat seandainya terjadi banjir lama muara itu akan membuat banjir cepat surut.

“Dengan terbentuk muara baru kini yang hanya berjarak 6-7 Km dari pemukiman warga , itu ada sisi positifnya dimana banjir akan cepat surut dikarenakan adanya muara baru ini,” Pungkasnya (Dap).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here