Ikuti Lomba BumDes, 9 Desa di Bengkulu Tengah Menjadi Pemenang

49

Bengkulu Tengah, Keyasa.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berikan motivasi terhadap desa . Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD), melakukan lomba Badan Usaha Milik Desa ( BumDes).

Dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Bengkulu Tengah Tomi Marisi Pada harini 7/11/2022 , lomba BumDes kali ini dikuti oleh 9 Desa. Dan semua desa yang mengikuti lomba sudah memiliki kriteria.

“Hari ini adalah hari terakhir lomba desa. Ada 9 desa yang mengikuti. Karena sudah memenuhi kriteria. 3 kriteria yang sudah terpenuhi yaitu Inovasi desa terbaik, Administrasi terbaik, dan Pendapatan Asli Desa Terbaik,” jelas Tomi Marisi.

Dengan diadakannya lomba BumDes ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Bumdes lain disemua desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Karena selama ini, desa hanya melakukan pembinaan. Namun saat ini kita rubah dengan penilian,” ucap Tomi Marisi.

Kedepannya, diharapkan sinergiritas Kepala Desa, Badan Pengawas Desa (BPD), dan Pemerintah untuk selalu menyuport segala aktivitas BumDes. Dengan menciptakan prinsip transparansi. Serta harus memiliki jiwa interprener atau berjiwa bisnis. Agar tata kelola BumDes menjadi semakin baik.

“Dengan kepercayaan Pemerintah desa (Kepala Desa dan BPD, red), sudah tentu yakin dan siap memberikan penyertaan modal buat BumDes dari Dana Desa,” harap Tomi Marisi.

Adapun pemenang lomba BumDes berasarkan kriteria adalah :

BumDes Kriteria Administrasi Terbaik :
1. Desa Arga Indah 2. Dengan nilai 85.
2. Desa Sido Rejo. Dengan nilai 75.
3. Desa Oematang Tiga Lama. Dengan nilai 70.

BumDes Kriteria Inovasi Terbaik :
1. Desa Tengah Padang. Dengan nilai 70.
2. Margo Mulyo. Dengan nilai 65.
3. Kelindang. Dengan nilai 60.

BumDes Kriteria PADes Terbesar :
1. Desa Padang Ulak Tanjung. Kecamatan Talang Empat.
2. Desa Rindu Hati. Kecamatan Taba Penanjung.
3. Desa Kelindang Atas. Kecamatan Merigi Kelindang.
(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here