Masjid Raya Jawa Barat Ditargetkan Rampung Dua Tahun Lagi

75

Padang – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menargetkan pembangunan Masjid Raya Provinsi Jawa Barat  Al Jabbar di Kawasan Gedebage, Kota Bandung, rampung dua tahun mendatang.

“Insya Allah selesai dua atau tiga tahun lagi Masjid Raya Al Jabbar, mohon doanya,” kata gubernur yang biasa disapa Emil itu seusai shalat subuh berjamaah di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang, Kamis.

Mengenai rancangan bangunan Masjid Al Jabbar, ia mengatakan bahwa setiap provinsi memiliki bangunan ikonik masing-masing.

“Sama saja ya, pada prinsipnya setiap provinsi punya kebanggaan. Raya, itu kan artinya besar,” katanya.

Emil menjelaskan bahwa untuk menambah keindahan masjid, akan dibangun danau kecil yang mengitari Masjid Raya Provinsi Jawa Barat Al Jabbar.

Menurut dia rencana pembangunan danau kecil yang juga akan menjalankan fungsi ekologis sebagai pengendali banjir, sumber air minum, dan konservasi air untuk habitat di sekitar masjid tersebut sejak awal sudah ada dalam rencana induk proyek pembangunan Masjid Al Jabbar.

“Jadi, selain tambahan estetika di master plan masjidnya, tiga fungsi ekologis dan enginering itu akan menjadi solusi mengatasi masalah ekologi di lingkungan,” kata Emil.

Masjid Al Jabbar nantinya juga akan diperindah dengan kaca warna-warni. Saat ini pembangunan masjid itu sampai pada tahap pengerjaan lantai untuk shalat.

Emil mengatakan pemerintah provinsi tidak ingin terburu-buru menyelesaikan masjid tersebut, yang diharapkan bisa menjadi representasi Provinsi Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Indonesia. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here