Pemuda Desa Bangkit Di Kala Pandemi; Ciptakan Usaha Wisata Dan UMKM

159

Seluma, Keyasa.com – Bersemi di kala pandemi dua pemuda ini berinisiatif membuka usaha sendiri untuk menopang kehidupan dan membuat lapangan pekerjaan,mulai dari usaha usaha kecil mikro menengah sampai usaha tempat wisata pribadi di kabupaten seluma provinsi Bengkulu.

 

Belajar dari Fauzi yang sebelumnya menggeluti profesi wartawan dan seorang potografer coba menggandeng pemuda desa talang benuang kecamatan air periukan, untuk membuka kelompok usaha kecil menengah yaitu berjulan buah beluluak atau bahasa luas,nya di sebut kolang kaling. Alasan pemuda ini di karenakan kalau usaha media yang terfokus menjual jasa informasi sedikit susah untuk bersaing salah satu faktornya media sekarang sudah tidak terbatas.

 

“Kondisi zaman yang sosial media sudah luas,semua orang bisa menjadi wartawan bagi ia sendiri, sosmed juga sudah luas membuka ruang untuk sejenis informasi apapun itu, itulah alasan untuk sementara saya berinisiatif membuka usaha kecil menengah dengan mengajak anak muda di desa saya sendiri talang benuang khususnya, sekarang sulit mencari lapangan pekerjaan di kabupaten seluma, selain kembali lagi bertani,”tutur mujek.

 

Lain hal dari seorang pemuda dari desa napal jungur kecamatan lubuk sandi, Erwan Pahrudin yang sekarang ia juga membuka usaha di sektor wisata pribadi, yaitu wisata batu besar menyediakan fasilitas untuk camping ground dengan memanfaatkan kayu bambu dari hutan setempat, sesederhana mungkin dengan inovasi Erwan dan kelompok pemuda dari desa setempat membuat suasana camping ground terlihat alami menyatu dengan suasana desa dan alam yang masih asri.

 

“Sudah saatnya pemuda berdiri di kaki sendiri, tidak terlalu berharap besar dengan pemerintah yang terlalu politis dalam janjinya. dengan berinovasi harapannya semoga wisata ini bisa menjadi lapangan pekerjaan juga untuk anak muda di desa ataupun di kecamatan lubuk sandi ini, di mana pekerjaan yang kita geluti itu hobi maka akan nyaman dalam berproses meskipun sangat lama perjuangan untuk mendapatkan progresnya,” Jelas erwan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here