Relokasi Permukiman Terdampak Abrasi Masih Terkendala Lahan

40
Kadis Perkim: Erlan Suadi

Seluma, Keyasa.Com – Puluhan rumah warga Desa Muara maras dan Padang Bakung terdampak Abrasi gelombang arus laut di kecamatan Semidang Alas Maras (SAM), Kabupaten Seluma.

“Kami sudah melakukan pendataan dan berkordinasi dengan kepala desa pada dua desa yang pemukimannya terdampak Abrasi,” Kata Erlan Suadi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan saat di wawancara i oleh awak media (28/6/22).

Hasil pendataan Dinas Perkim ada 87 Rumah di desa padang bakung yang terdampak oleh abrasi sehinggah mengakibatkan dapur dari rumah warga habis akibat abrasi laut.

“Dulu menurut cerita mereka garis pantai hanya berjarak 15 meter dari rumah mereka, sehingga ada dapurnya hilang sampai-sampai ada rumahnya yang hilang akibat abrasi,” Jelas Erlan.

Tindak lanjut Perkim

Dinas Perumahan Kawasan PermukimanĀ  dan Perhubungan (PERKIM) Kabupaten Seluma sudah mengusulkan kepada kementerian PUPR melalui Dirjen untuk program rumah khusus.

Untuk pengusulan progam rumah khusus melalui aplikasi Sibaru dan menunggu verifikasi dari balai hubungan provinsi Bengkulu.

“Sudah kami usulkan melalui aplikasi sibaru dan tinggal menunggu verifikasi dari balai provinsi Bengkulu,” terangnya.

Sedangkan untuk teknik dan teknis sudah di persiapkan. Satu yang belum di siapkan terkait lahan yang akan di gunakan untuk relokasi Permukiman.

” Peyedian lahan relokasinya yang belum bisa di dapatkan, untuk lahan relokasi paling tidak di butuhkan seluas 2 hektar,” jelas Erlan. (Dap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here