Sudah Saatnya Anak Muda Tampil Dalam Kancah Politik Nasional

78

Jakarta – Sudah saatnya generasi muda tampil dalam kancah politik nasional dan bisa terpilih pada pencalegan untuk pemilihan umum 2019 mendatang. Menyikapi ketertarikan generasi muda ini, Rumah Aspirasi Rakyat #01 menggelar Talkshow Politik dengan tema “Politisi Muda, Harapan Baru Masa Depan ?” yang diselenggarakan di halaman Rumah Aspirasi Rakyat #01 di bilangan Jakarta Pusat pada Rabu (13/02).

Talkshow ini menghadirkan sejumlah pembicara ternama, antara lain, Politisi Ali M.Ngabalin, Adian Napitupulu, Aktivis sekaligus Politisi, Rian Ernest, Wakil Ketua DPW PSI, Kanti W. Janis, Lawyer dan Penulis, serta Bonnie Triayana seorang Pengamat dan Sejarawan.

Rian Ernest dalam pemaparannya, menyatakan bahwa keikutsertaannya dalam Politik khususnya sebagai Calon Anggota DPR RI adalah untuk membasmi para penyeleweng anggaran untuk rakyat.

“Saya terjun ke Politik ini untuk melawan para Garong Anggaran yang ada di DPR.” kata Rian.

Sementara itu, Kanti Janis mengajak seluruh rakyat Indonesia khususnya generasi muda untuk menyaring segala bentuk informasi yang disampaikan melalui berbagai sosial media sebagai bentuk upaya menangkal penyebaran hoax atau berita bohong.

Selain itu, Kanti juga mengajak generasi muda untuk peduli dan paham tentang politik karena menurutnya segala aspek kehidupan rakyat tergantung pada kebijakan politik negara untuk itu demi kepedulian kepada nasib rakyat dan bangsa Indonesia, dia mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memilih tidak Golput dan memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan melihat siapa saja yang berada di gerbong masing masing pasangan Capres-Cawapres

“Berita-berita di time line bukan sumber primer jadi harus kita crosscheck terlebih dahulu,dan kita harus melek politik karena itu menyangkut Kebijakan Negara, Kebijakan Politik tentang Air, Pendidikan, Kesehatan dan lain-lain jadi pergilah ke TPS dan pilih nomor 01, jangan ada yang golput karena kita bukan sedang memilih idola,cover boy cover girl, jadi kita lihat siapa saja yang ada di gerbongnya dan bandingkan dengan yang ada di gerbong sebelah” ujar kanti.

Adian Napitupulu menyatakan bahwa generasi muda harus peduli dan terlibat dalam politik karena menurutnya politik merupakan sarana dan momen yang penting bagi generasi muda untuk menentukan apa yang diwariskan kepada generasi penerus bangsa
“Pemilu ini momentun bagi semua anak muda untuk menentukan negara seperti apa yang dia wariskan di kemudian hari,” kata Adian Politisi PDIP ini.

Selanjutnya, Politisi asal tanah Papua, Ali Muhtar Ngabalin menyatakan bahwa dia sebagai orang papua menjadi saksi kemajuan Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan menurutnya, para politisi muda yang kemarin dan hari ini terjun ke politik memiliki integritas yang sangat tinggi bahkan menurutnya, berbagai regulasi yang carut-marut selama ini, mulai diperbaiki oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya orang papua yang menyaksikan kemajuan negeri ini dimasa pemerintahan Jokowi, jadi kaum muda jangan ragu untuk terjun ke Politik karena banyak sekali kawan-kawan kita politisi muda yang memiliki integritas yang sangat tinggi dan semua regulasi yang selama ini tumpang tindih di Republik ini, diperbaiki oleh Presiden Joko Widodo” ungkap pria yang disapa Ali ini.

Sementara itu, Bonnie Triayana, menyampaikan bahwa kiprah pemuda didalam politik memiliki peran penting dan ukuran usia Pemuda telah diatur dan dijamin dalam Undang Undang Nomor 40 Tahun 2009.

“Kita udah punya undang-undang kepemudaan Nomor 40 Tahun 2009 Bro maju undang-undang kepemudaan tahun 2009 itu menyebutkan siapa pemuda pemuda itu sebetulnya kalau berdasarkan pasal 1 undang-undang ini mereka yang berusia 16 sampai 30” pungkasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here