Tingkatkan Seni Budaya Lokal Serawai, Ketua BMA Kecamatan Semidang Alas Laksanakan Ritual Jambar Nasi Kunyit

87

Seluma, Keyasa.Com – Untuk meningkatkan dan memperdalam pembelajaran seni budaya lokal dan seni tradisional asli serawai, Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kecamatan Semidang Alas Rustam efendi dan ketua Sanggar seni Gumantan Sati Faizal Aguston yg di dukung oleh Plt Camat semidang Alas Hasbi Sadiki SE,M.Si mengundang seluruh anggota sanggar seni tari Gumantan Sati beserta toko masyarakat dan perwakilan desa yang tergabung dalam group seni tari tradisional guna melaksanakan Ritual (seserahan) Jambar nasi kunyit (nasi kuning) untuk parah leluhur pendahulu empunya tari trasional seperti tari Dang Kumbang dan Pencak Silat, Selasa (05/10/2021).

Acara Ritual di buka secarah resmi oleh Plt Camat Semidang Alas Hasbi sadiki,

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kapolsek Semidang Alas IPDA Suprapto SH.MH dan toko beserta unsur masyarakat dari perwakilan desa yg tergabung dalam group seni tradisional di wilaya kecamatan semidang alas dan sekitarnya.

Ketua BMA kecamatan Semidang Alas Rustam Efendi menjelaskan, adapun maksud dan tujuan di laksanakan ritual ini untuk meningkatkan pembelajaran seni tari.

“Dari tari kecil meningkat ke tari besar,seperti tari dang kumbang dan pencak silat, sehingga untuk memperlancar dan mempermudah pembelajaran seni tari ini, maka perlu di adakan Ritual jambar nasi kunyit. Mengingat ini merupakan rangkaian adat sebagai syarat bagi setiap orang /group yang ingin belajar seni tari ini, juga permohonan izin dan Restu pada pendahulu (leluhur) agar tari serta langka gayung yang di pakai kiranya bisa di pakai dan di tampilkan tanpa ada gangguan dan halangan. Ibarat kata andai tajam tidak melukai dan jika panas tidak membakar,” jelas Rustam.

Setelah pelaksanaan Ritual dilakukan ,ketua BMA dan ketua sanggar seni Gumantan Sati beserta anggota sepakat mengajak untuk melakukan kegiatan latihan bersama untuk menghibur dan memberikan penghormatan pada seluruh undangan yang hadir.

Guna memeriakan kegiatan latihan bersama, Rustam memberikan kesempatan pada Plt Camat semidang Alas yang berpasangan dengan Kapolsek semidang Alas IPDA Suprapto SH.MH untuk tampil melakukan tari seni pencak silat asli serawai yang di sambut meriah dari seluruh anggota sanggar dan parah undangan yang hadir. (Rozali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here